cover
Contact Name
Ivan Putranto
Contact Email
ivanputranto@lkd-pm.com
Phone
+62 21 74771224
Journal Mail Official
jurnalmadani@lkd-pm.com
Editorial Address
Jalan Kiwi IV No. 7, Griya Pamulang Estate, Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Madani
ISSN : 26151995     EISSN : 26150654     DOI : 10.33753
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi peningkatan kompetensi dosen dan juga sebagai alternatif bagi masyarakat umum dalam mempublikasikan hasil-hasil karyanya. Kami berharap Jurnal ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2: September 2022" : 6 Documents clear
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM di Pondok Pesantren Yatim Al Hanif Dedek Kumara; Hanum Puspa Dhiani; Surti Wardani
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.213

Abstract

This study aims to find out about the Analysis of Marketing Communication Strategies in increasing SME sales at the Al Hanif Yatim Islamic Boarding School. To find out the results of the SWOT analysis on the strategy of improving employee performance with the IFAS and EFAS matrices, important factors can be identified both from the external environment and the internal environment. The research approach carried out in this study is descriptive qualitative, the author also uses the SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) analysis method. SWOT analysis is a way to find various factors systematically in order to formulate company strategy. The data collection technique carried out by the researcher is by direct observation carried out at the company and conducting direct interviews with the Lurah and Focus Group Discussion (FGD) with the Head of Section. Then also by adding from reading books and also other sources related to the title. The data obtained from the results of this qualitative research, based on this method, UKM Pondok Pesantren Yatim AL Hanif, has two alternative strategies, namely increasing the workforce and providing the available workforce. Between the total number of alternative strategies to increase the workforce is 6.8 compared to the total alternative strategies of providing training and development to available human resources 10.8. From the analysis, it was found that the UKM Al Hanif Yatim Islamic Boarding School needs to provide training and development to the available human resources Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Analisa strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UKM pada Pondok Pesantren Yatim Al Hanif. Untuk mengetahui hasil analisis SWOT terhadap strategi peningkatan kinerja karyawan dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkung eksternal dan lingkungan internal. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif penulis juga menggunakan Metode analisis SWOT( Strength, Weakness, Opportunity,Threat) analisis SWOT adala suatu cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam rangka merumuskan strategi perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan Observasi langsung yang dilakukan pada perusahaan dan melakukan Wawancara langsung dengan Lurah serta Focus Group Discussion (FGD) bersama Para Kasie. Kemudian juga dengan menambahkan dari buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang diperoleh dari Hasil penelitian Kualitatif ini berdasarkan metode tersebut UKM Pondok Pesantren Yatim AL Hanif, memiliki dua strategi alternatif yaitu menambah tenaga kerja karyawan dan memberikan pelatihan kepada tenaga kerja yang sudah tersedia. Antara jumlah keseluruhan total alternatif strategi menambah tenaga kerja sebesar 6,8 dibandingkan dengan total alternatif strategi memberikan pelatihan dan pengembangan kepada SDM yang tersedia 10.8. Dari Analisis tersebut mengindikasikan bahwa UKM Pondok Pesantren Yatim Al Hanif perlu memberikan pelatihan dan pengembangan kepada SDM yang tersedia. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Penjualan, UKM
Pengaruh Komitmen Afektif Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Perbankan di Pontianak Nova Arestia
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.214

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of affective commitment on the organizational citizenship behavior of banking employees (Government Banks and Private Banks) in Pontianak. The population in this study was all banking employees in Pontianak. The sampling technique uses the Lemeshow Formula with a minimum sample of 96 people and 296 respondents who gave responses consisting of 113 Government Bank employees and 183 Private Bank employees. The form of research used is the associative method. In research, the data collection technique used is through the dissemination of questionnaires and literature studies. From the simple linear regression test, the results of affective commitment have a positive effect on the OCB of employees of government banks and private banks. This shows that the higher a person's affective commitment, the higher the OCB of the employee. from the t-test on employees of Government Banks, the results of tcount of 1.537 are smaller than ttable of 1.98157 with a significance value of more than 0.05, which means that affective commitment has no significant effect on OCB of Government Bank employees. Likewise, from the t-test on employees of private banks, the results of tcount of 1.596 are smaller than ttable of 1.97316 with a significance value of more than 0.05, which means that affective commitment has no significant effect on OCB of private bank employees. Based on the tests that have been carried out, the conclusion of this study is that affective commitment has a positive but not significant effect on the OCB of employees of state and private banks Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh komitmen afektif terhadap organizaional citizenship behavior karyawan perbankan (Bank Pemerintah dan Bank Swasta) di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perbankan di Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Lemeshow dengan jumlah sampel minimal 96 orang dan responden yang memberikan tanggapan sebanyak 296 orang yang terdiri dari 113 karyawan Bank Pemerintah dan 183 karyawan Bank Swasta. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Dalam penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur. Dari uji regresi linear sederhana didapatkan hasil komitmen afektif berpengaruh positif terhadap OCB karyawan Bank Pemerintah dan Bank Swasta. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi komitmen afektif seseorang, maka OCB dari karyawan tersebut juga tinggi. dari uji t pada karyawan Bank Pemerintah didapatkan hasil thitung sebesar 1,537 lebih kecil daripada ttabel sebesar 1,98157 dengan nilai signifikansi lebih dari 0,05, yang berarti komitmen afektif tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan Bank Pemerintah. Demikian pula dari uji t pada karyawan Bank Swasta didapatkan hasil thitung sebesar 1,596 lebih kecil daripada ttabel sebesar 1,97316 dengan nilai signifikasi lebih dari 0,05, yang berarti komitmen afektif tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan Bank Swasta. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, kesimpulan dari penelitian ini adalah komitmen afektif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap OCB karyawan Bank Pemerintah maupun Bank Swasta. Kata Kunci: komitmen afektif, organizational citizenship behavior
Pengaruh Motivasi Kerja, Insentif dan IT Competency Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta Indra Januar Rukmana; Shela Indah Savitri
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.216

Abstract

This study aims to determine the partial and simultaneous effect of work motivation, incentives, and IT Competency on employee performance at PT Lintas Nugraha Ekakurir Jakarta. This method/approach is associative with a quantitative approach. The population in this study were all employees of PT Lintas Nugraha Ekakurir Jakarta, while the sample used was saturated sampling as many as 115 respondents. Data collection techniques using questionnaires, and data analysis techniques using instrument test, classical assumption test, regression analysis, coefficient of determination, t-test, and f-test. The results showed that work motivation had a positive and significant effect on employee performance. This can be seen from the simple linear regression value obtained, namely Y=20.053+0.592X2, the coefficient of determination is 25.2%, and the t-count value is 6.167 > t table 1.9811 with a significance of 0.000 <0.05. Incentives have a positive and significant effect on employee performance. This can be proven from the simple linear regression value obtained, namely Y=30.357+0.317X1, the coefficient of determination is 27%, and the t-count value is 6.471 > t table 1.9811 with a significance of 0.000 <0.05. IT Competency has a positive and significant effect on employee performance. This can be seen from the simple linear regression value obtained, namely Y=25.201+0.470X3, the coefficient of determination is 27.2%, and the t-count value is 6.498 > t table 1.9811 with a significance of 0.000 <0.05. Incentives, work motivation, and work discipline simultaneously have a positive and significant effect on employee performance. This can be seen from the multiple linear regression equation Y=13.090+0.222X1+0.366X2+0.253X3, the coefficient of determination is 49.1%, and the calculated F value is 35.723 > F table 3.08 with a significant 0.000 < 0.05, so it can be concluded that work motivation (X1) incentives (X2), and IT Competency (X3) contributed to the employee performance variable (Y) by 49.1%, while the remaining 60.9% was influenced by other variables not examined in this research Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan motivasi kerja, insentif, dan IT Competency terhadap kinerja karyawan pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta. Metode/Pendekatan ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta, sedangkan sampel yang digunakan menggunakan sampling jenuh sebanyak 115 responden. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan Teknik analisis data menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi, uji t hitung dan uji f hitung. Hasil penelitian menunjukan, Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi linier sederhana yang didapat yaitu Y=20,053+0,592X2, koefisien determinasi sebesar 25,2%, dan nilai t hitung 6,167 > t tabel 1,9811 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana yang didapat yaitu Y=30,357+0,317X1, koefisien determinasi sebesar 27%, dan nilai t hitung 6,471 > t tabel 1,9811 dengan signifikan 0,000 < 0,05. IT Competency berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi linier sederhana yang didapat yaitu Y=25,201+0,470X3, koefisien determinasi sebesar 27,2%, dan nilai t hitung 6,498 > t tabel 1,9811 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Insentif, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier berganda Y=13,090+0.222X1+0.366X2+0,253X3, koefisien determinasi sebesar 49,1%, dan nilai F hitung 35,723 > F tabel 3,08 dengan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja (X1) insentif (X2), dan IT Competency (X3) memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 49,1%, sedangkan sisanya sebesar 60,9% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Insentif, IT competency, Kinerja Karyawan
Pengaruh Literasi Keuangan dan Auditor Spesialisasi Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan di Era Kenormalan Baru (Studi Kasus Dinas Sosial Kota Malang) Ardi Bachtiar; Indri Kharisma; Ananda Hadistia
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.221

Abstract

This study aims to examine the influence of financial literacy and specialization auditors on financial management behavior in the new normal era in the Malang City Social Service. This research is a quantitative study with data collection techniques using questionnaires. The sample was 36 respondents. The sampling technique used is purposive sampling with predetermined criteria, namely employees (PNS) of the Malang City Social Service. Primary data processing uses Statistical Package for Social Science (SPSS) analysis techniques with multiple regression analysis methods to analyze data. The results of the study were Simultaneously there was a positive influence of financial literacy and specialist auditors on financial management behavior at the Malang City Social Service F calculated at 4,384 with a sig value. 0.020. Due to the sig value. 0.020 < 0.05. Financial Literacy has a positive influence on financial management behavior at the Malang City Social Service t count of 2,575 with a sig value of 0.015 < 0.05. Specialist Auditors have no significant effect on financial management behavior at the Malang City Social Service t calculate -2.442 with a value of sig. 0.020 < 0.05 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan dan auditor spesialisasi terhadap perilaku pengelolaan keuangan di era kenormalan baru di Dinas Sosial Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel berjumlah 36 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan yakni karyawan (PNS) Dinas Sosial Kota Malang. Pengolahan data primer menggunakan teknik analisis Statistical Package for Social Science (SPSS) dengan metode analisis regresi berganda untuk menganalisis data. Hasil penelitian adalah Secara simultan terdapat pengaruh positif dari literasi keuangan dan auditor spesialis terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada Dinas Sosial Kota Malang F hitung sebesar 4,384 dengan nilai sig. 0,020. Karena nilai sig. 0,020 < 0,05. Literasi Keuangan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada Dinas Sosial Kota Malang t hitung sebesar 2,575 dengan nilai sig. 0,015 < 0,05. Auditor Spesialis tidak berpengaruh signifikan perilaku pengelolaan keuangan pada Dinas Sosial Kota Malang t hitung sebesar -2,442 dengan nilai sig. 0,020 < 0,05. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Auditor Spesialisasi, Pengelolaan Keuangan
Pengaruh Likuiditas, Aktivitas dan Leverage Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Ritel yang Go Public di BEI Periode 2014-2020) Hasanudin Hasanudin; Cristine Prestarika Lukito
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.222

Abstract

This study aims to determine the effect of liquidity ratios, activity, leverage on profitability in retail companies listed on the Indonesia Stock Exchange. This study aims to determine the effect of the liquidity ratio on profitability, to determine the effect of the activity ratio on profitability, to determine the effect of the leverage ratio on profitability, and to determine the effect of the liquidity ratio, activity and leverage simultaneously on profitability. Liquidity ratio is measured by the current ratio, ratio Activity is measured by total assets turnover, leverage ratio is measured by debt to equity ratio and Profitability Ratio is measured by net profit margin. This study is a quantitative study using the financial statements of companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This research was conducted because there are still differences in the results of one study with another. The sampling technique in this study used purposive sampling. The sample used in this study were 6 retail companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2014-2020 period, so that 42 company data were obtained. The data analysis technique used multiple linear regression analysis and processed with Eviews 9.0 Software. The results showed (1) the current ratio with the value of sig. of 0.3513 and a coefficient of 0.661191 has a positive and not significant effect on the net profit margin, (2) total assets turnover with a value of sig. 0.0277 and 0.614620 coefficient positive and significant effect on the net profit margin, (3) Debt to equity ratio with a value of sig. 0.1719 and coefficient -1.056262 have a negative and insignificant effect on net profit margin, (4) current ratio, total assets turnover and debt to equity ratio with sig. of 0.000000 simultaneously has a positive and significant effect on the net profit margin Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, aktivitas, leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas terhadap profitabilitas, untuk mengetahui pengaruh rasio aktivitas terhadap profitabilitas, untuk mengetahui pengaruh rasio leverage terhadap profitabilitas, dan untuk mengetahui pengaruh rasio likuditas, aktivitas dan leverage secara simultan terhadap profitabilitas. Rasio Likuiditas diukur dengan current ratio, Rasio Aktivitas diukur dengan total assets turnover, Rasio leverage diukur dengan debt to equity ratio dan Rasio Profitabilitas diukur dengan net profit margin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat perbedaan hasil penelitian yang satu dengan yang lain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2020, sehingga diperoleh 42 data perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan diolah dengan Software Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) current ratio dengan nilai sig. sebesar 0.3513 dan coefficient 0.661191 berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap net profit margin, (2) total assets turnover dengan nilai sig. 0.0277 dan coefficient 0.614620 berpengaruh positif dan signifikan terhadap net profit margin, (3) Debt to equity ratio dengan nilai sig. 0.1719 dan coefficient -1.056262 berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap net profit margin, (4) current ratio, total assets turnover dan debt to equity ratio dengan nilai sig. sebesar 0.000000 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap net profit margin. Kata Kunci: Current Ratio, Total Assets Turnover, Leverage Dan Net Profit Margin
Pengaruh Work-Life Balance, Burnout, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT Meka Eduversity Komunikasi) Fadhila Jasmin Indra; Zackharia Rialmi
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 5 No 2: September 2022
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v5i2.223

Abstract

This research is a quantitative research with the aim of knowing the effect of work-life balance, burnout, and work environment on job satisfaction of PT Meka Eduversity Communication. The total population and sample used are 34 permanent employees of PT Meka Eduversity Communication. Researchers collected data by distributing online questionnaires in the form of google forms. The data analysis technique used quantitative data analysis using statistical methods. In this study the statistical method used is Partial Least Square (PLS). From the test, the results obtained are (1) work-life balance has a positive and significant effect on employee job satisfaction at PT Meka Eduversity Communication, (2) burnout has a positive and significant effect on employee job satisfaction at PT Meka Eduversity Communication, (3) work environment has a positive and significant effect on employee satisfaction. significant effect on job satisfaction of employees of PT Meka Eduversity Communication, and (4) work-life balance, burnout, and work environment simultaneously have a positive effect on job satisfaction of employees of PT Meka Eduversity Communication Abstrak Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh work-life balance, burnout, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja PT Meka Eduversity Komunikasi. Total populasi dan sampel yang digunakan yaitu 34 orang pegawai tetap PT Meka Eduversity Komunikasi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner online berupa google form. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Dalam penelitian ini metode statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Dari pengujian, diperoleh hasil (1) work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Meka Eduversity Komunikasi, (2) burnout berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Meka Eduversity Komunikasi, (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Meka Eduversity Komunikasi, dan (4) work-life balance, burnout, dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan PT Meka Eduversity Komunikasi. Kata Kunci : work-life balance, burnout, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja

Page 1 of 1 | Total Record : 6